Jumat, Juli 10, 2009

Pempek Palembang

Pempek merupakan makanan khas Palembang yang dapat kita temukan di setiap sudut kota di Palembang. Bahkan di setiap tempat yang menjual makanan, pastilah dapat kita temukan menu Pempek. Pempek juga menjadi makanan yang paling banyak dan sering dikonsumsi di Palembang. Ketika awal berada di Palembang, penulis sampai bingung karena menu sarapan masyarakat Palembang tidak jauh dari Pempek, namun akhirnya penulis juga terbiasa sarapan pempek...

Pempek bentuknya bermacam-macam dan sebutan untuk masing-masingnya juga berbeda-beda. Untuk pempek berbentuk bola-bola (pada gambar di atas berwarna agak kuning disebut sebagai "adaan". Untuk yang bentuknya memanjang disebut "lenjer". Pempek yang besar yang diisi dengan telur disebut sebagai "kapal selam". Ada juga pempek yang disebut sebagai "pempek kulit" karena terbuat dari bagian kulit ikan.


Membuat Pempek Ikan

Bahan:
-500 gram daging ikan belida (ikan khas Palembang). Jika tidak ada, dapat juga menggunakan ikan tengiri atau ikan gabus (pilih yang segar)
-10 sendok makan air es
-2 1/2 sendok makan tepung terigu
-150 gram tepung kanji
-2 sendok teh garam

Pembuatan
1. Haluskan ikan dan tekan-tekan dengan saringan sampai lembut.
2. Masukan air es dan garam. Aduk sampai lengket. Tambahkan tepung terigu dan kanji sambil di uleni sampai tidak menempel lagi di tangan (kalis).
3. bentuk adonan sesuai dengan jenis pempek.

Membuat Cuko Pempek
Cuko adalah cuka yang biasa disiram di atas pempek, di Palembang disebut sebagai "cuko".

Bahan:
-250 gram gula merah
-50 gram asam jawa
-2 sendok teh cuka
-750 ml air
-5 siung bawang putih, cincang halus
-2 sendok makan ebi (udang kering) dihaluskan
-20 buah cabe rawit, dihaluskan
-1 sendok makan tongcai *), dicincang halus
-1 sendok teh garam

Cara Membuat:
1. Didihkan gula merah, asam jawa, air, dan cuka lalu disaring.
2. Masukan bawang putih, ebi, cabe rawit, garam dan tongcai.
3. Didihkan kembali lalu angkat. Siap disiram ke atas pempek.

*) catatan: Tongcai adalah sayuran yang diasinkan (biasanya terbuat dari lobak). Tongcai biasanya dijadikan sebagai pelengkap yang ditaburkan di atas mie atau bubur, berbentuk potongan kecil-kecil berwarna coklat.

Tips membuat adonan pempek

- Kualitas pempek ditentukan dari kesegaran ikan, semakin segar ikan yang digunakan, makin akan semakin baik hasil pempek yang Anda buat. Usahakan untuk menyimpan ikan tersebut dalam lemari pendingin atau freezer
- Bila Anda kesulitan membentuk pempek akibat adonan yang lengket ke tangan, lumuri tangan Anda dengan minyak, jangan menggunakan tepung kanji, karena akan mengakibatkan adonan pempek menjadi keras. Selain itu, adonan pempek juga jangan terlalu sering diaduk-aduk atau dipulung-pulung (gulung-gulung), karena hal ini juga dapat menyebabkan pempek menjadi keras.
- Resep untuk membuat pempek ini ada berbagai macam variasi. Namun yang patut diperhatikan adalah semakin banyak air dan kanji yang ditambahkan akan menyebabkan pempeknya menjadi semakin keras.
- Menggoreng pempek selalu di dalam minyak panas agar pempek tidak melekat di dasar wajan. Lebih baik jika Anda menggunakan wajan dengan bahan teflon. Menggoreng pempek sebaiknya tidak terlalu lama agar tidak pecah dan meletus.
- Yang membuat cuko pempek asli dari Palembang terasa lebih kuat aromanya adalah karena cabe rawit dihaluskan bersama dengan tangkai cabenya dan bawang putih juga dihaluskan bersama dengan kulit selaput luarnya.

0 Comments:

 

blogger templates | Make Money Online