Minggu, Januari 29, 2012

Cara Menyimpan Masakan di Freezer

Setelah memasak, biasanya ada saja makanan yang tak habis disantap. Akhirnya disimpan di freezer. Namun, seringkali freezer justru berantakan dan bau makanan campur aduk jadi satu. Bagaimana mengatasinya?

Makanan sisa disimpan dalam freezer dengan tujuan agar bisa dikonsumsi lagi di hari lain. Namun biasanya makanan beku jadi kehilangan kesegaran. Jika Anda tahu caranya, makanan matang bisa disimpan di freezer hingga setahun lho! Ikuti tips dari Smart Mom Style berikut ini agar makanan sisa Anda tak terbuang sia-sia.

Efisiensi Tempat

Masukkan makanan ke dalam kantung plastik dengan perekat atau wadah khusus untuk membekukan makanan. Sebelumnya, buang udara yang ada di dalam kantong plastik agar menghemat tempat. Sebaiknya masukkan makanan sesuai jumlah porsi yang akan dimasak nanti (jangan semuanya). Selain akan lebih mudah disusun di kulkas, melumerkannya tidak membutuhkan waktu lama dibanding jika disimpan dalam jumlah besar.


Cara Menyimpan

Suhu freezer harus selalu kurang dari 0 F (atau setara -18 C).Wadah yang digunakan untuk menyimpan makanan harus freezer safe agar tidak retak atau terbuka karena terlalu dingin.

Bungkus daging dan casseroles dua kali. Jika menggunakan aluminum foil, dua lapis heavy duty foil cukup.

Jangan lumerkan makanan di meja dapur. Setelah makanan dikeluarkan dari freezer, letakkan di kulkas bagian bawah (refrigerator) atau microwave. Makanan yang sudah dilumerkan tidak boleh dibekukan kembali.

Letakkan daging, berry, dan cairan/minuman di bagian belakang atau bawah freezer agar tidak tumpah ke mana-mana jika mati listrik.

Tempelkan label berisi makanan apa yang disimpan di dalam plastik/wadah serta tanggal berapa makanan tersebut mulai dibekukan.

Gunakan bahan yang sudah lebih lama berada di freezer, jangan asal ambil.


Waktu Penyimpanan


1 bulan: daging asap mentah

2-3 bulan: masakan matang seperti casseroles, sup, semur, dan udang, serta dessert seperti es krim, pie, cake, dan muffin.

4-6 bulan: iga sapi mentah, daging giling, ikan dan dada ayam matang, keju, roti tawar, serta roti manis.

6-9 bulan: potongan daging ayam mentah, mentega, dan sayuran beku (tak boleh lebih dari 8 bulan)

12 bulan: steak mentah, ayam atau kalkun utuh, dan cookies yang sudah dipanggang

Sumber: detikFood

0 Comments:

 

blogger templates | Make Money Online