Rabu, September 01, 2010

Ngohiong Bogor

Bogor merupakan salah satu kota tujuan wisata kuliner. Beraneka ragam kuliner dapat kita temukan di kota hujan ini. Kuliner yang dapat kita temui di Bogor ini, selain unik, juga cita rasanya yang cukup nikmat. Sebut saja Asinan Bogor Gedong Dalam, Toge Goreng Bogor, Roti Unyil, Tahu Yunyi, Ngohiong Gang Aut, dan sebagainya. Jika kita menyebutkan kuliner-kuliner tersebut, tentulah akan terbayang kota Bogor sebagai tempat asal kuliner-kuliner lezat tersebut.

Salah satu jenis kuliner yang patut dicoba adalah Ngohiong Bogor. Namun bagi Anda yang tidak sempat berkunjung ke Bogor untuk mencoba Ngohiong Bogor ini, tidak ada salahnya kita coba untuk membuat kuliner Ngohiong Bogor ini. Minimal kita bisa mencoba bagaimana rasa kuliner ini. Berikut penulis sajikan resep cara membuat Ngohiong Bogor. Selamat mencoba, jangan lupa mengirimkan hasil masakannya ke penulis ya... hehehe...

Bahan ngohiong:
200 gr daging ayam, cincang halus
200 gr udang, cincang halus
50 gr wortel, potong 1x1x1 cm
2 lbr daun bawang, iris halus
1 btr telur kocok lepas
2 sdm tepung sagu
4 siung bawang putih, haluskan
1 sdm ang ciu
1 sdm kecap asin
2 sdm minyak wijen
1 sdm gula pasir
1 sdt bumbu ngohiong bubuk garam
¼ sdt merica bubuk

Bahan lain:
½ lbr kulit kembang tahu, potong jadi 4 bagian
1 btr telur putih untuk merekatkan
minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
1. Campur jadi satu semua bahan ngohiong, aduk rata. Cicipi asin dan manisnya dengan cara mengambil sedikit campuran daging, taruh di wajan antilengket, masak sebentar tanpa ditambah minyak atau apapun.

2. Bagi adonan menjadi 4 bagian. Siapkan selembar plastik, taruh 1 lbr kulit kembang tahu, beri 1 bagian adonan. Bungkus seperti lontong padat. Rekatkan ujung gulungan dengan telur putih. Kerjakan sampai sisa bahan habis.

3. Kukus ngohiong selama 30 menit. Angkat, biarkan dingin.

4. Panaskan minyak goreng, goreng ngohiong sampai berwarna kecoklatan, angkat, tiriskan. Sajikan dengan sambal botol.

Untuk 6 orang

Resep: Nuraini W
Uji Dapur: Klub Nova
sumber: kompas.com

0 Comments:

 

blogger templates | Make Money Online