Rabu, September 02, 2009

Lemak Dapat Meningkatkan Kesuburan

Sebagian besar orang pasti menggangap lemak adalah musuh utama berat badan. Apalagi jika Anda sedang menjalani program diet yang ketat. Sebisa mungkin, Anda akan mengurangi dan menghindari makanan yang mengandung lemak.

Padahal, lemak juga memiliki fungsi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Terutama untuk kesuburan. Tetapi tentu, kadarnya juga harus tetap dijaga, jangan sampai berlebihan apalagi kekurangan. Kesehatan dan vitalitas tubuh tidak hanya disebabkan oleh protein, karbohidrat, vitamin tetapi juga lemak.

Agar Anda tidak memusuhi lemak, ketahuilah beberapa fungsi lemak bagi kesehatan.

1. Pelindung. Lemak melindungi kita dari cuaca ekstrim baik panas maupun dingin. Lemaklah yang membantu tubuh kita menyesuaikan diri dengan perubahan suhu.

2. Kesuburan. Lemak membantu produksi hormon termasuk hormon estrogen. Wanita yang kadar lemak dalam tubuhnya rendah, level hormon estrogennya cenderung rendah. Padahal hormon tersebut menjadi penentu kesuburan.

3. Pembawa vitamin. Lemak bisa dikatakan sebagai pengangkut vitamin A, D, E, dan K. Kekurangan lemak bisa menimbulkan defisiensi vitamin yang bisa memicu berbagai macam penyakit.

4. Bantalan alami organ tubuh. Lemak melindungi organ-organ vital sehingga jika terjadi benturan, organ masih terlindungi dengan lemak. Jika kekurangan lemak, saat terjadi benturan bisa saja langsung melukai organ vital Anda.

5. Struktur sel. Lemak adalah bagian sel-sel kita. Pertumbuhan kuku, rambut, kesehatan kulit juga tergantung pada asupan lemak. Jika Anda kekurangan lemak, kuku akan tumbuh dengan rapuh, rambut pun mudah rontok, serta kulit menjadi mudah kering. Jadi, kecantikan Anda pun bergantung pada lemak, untuk jangan sampai kekurangan.

6. Tambahan energi. Kekurangan lemak bisa memicu sakit kepala, tubuh lemas dan Anda pun sulit melakukan aktifitas. Hal itu menandakan Anda tidak berenergi. Untuk menghindari hal tersebut konsumsilah makanan yang mengandung lemak sehat, seperti kacangan-kacangan dan ikan.
Sumber: VIVAnews

0 Comments:

 

blogger templates | Make Money Online