Rabu, September 01, 2010

Tips Menyajikan Hidangan Sayur

Kandungan gizi yang terdapat dalam sayur mayur seperti vitamin C dan B akan mudah hilang setelah mengalami pengolahan atau dimasak. Mengonsumsinya dalam keadaan mentah malah mempertahankan nilai gizinya. Namun tidak semua sayur bisa dimakan mentah, ada sebagian jenis perlu direbus dulu sebentar, ada pula yang harus dimasak sampai benar-benar matang baru boleh dikonsumsi.

Sayuran yang boleh dimakan mentah dan cukup dibersihkan termasuk wortel, tomat, ketimun, sayur selada dan masih banyak lagi. Untuk dikonsumsi mentah sebaiknya pilih jenis sayur organik atau sayuran hijau yang tidak tercemar. Sayuran yang diproduk dalam keadaan tanpa tanah, juga aman dimakan mentah. Cara makan mentah termasuk jus sayur segar buatan sendiri, atau menggunakan sayur segar membuat makanan hidangan dingin, tambahkan cuka secukupnya, garam sedikit saja.

Beberapa jenis sayuran yang harus direbus sebelum dikonsumsi :

1. Brokoli, kembang kol, dan lain-lain. Sayuran tersebut kaya akan gizi bila direbus sejenak dulu akan lebih enak, diantara lain kandungan serat yg tinggi juga lebih mudah dicernakan.

2. Sayuran yang mengandung asam oksalat, misalnya pokcai (semacam bayam), rebung, jiaobai (zizania caduci flora) dan lain-lain, di dalam usus, asam oksalat akan menyatu dengan kalsium membentuk kalsium asam oksalat yang sulit diserap tubuh, dan bisa menggangu penyerapan kalsium oleh tubuh. Maka, sebelum mengonsumsi secara mentah, harus dicelupkan sejenak ke dalam air mendidih untuk menghilangkan sebagian besar asam oksalat.

3. Moster, datoucai (sejenis sayur yang dimakan umbinya) mengandung semacam materi, setelah melalui hidrolisis akan menimbulkan minyak moster yang bersifat mempercepat penguapan dan bermanfaat untuk memperlancar pencernaan dan penyerapan.

4. Sayuran liar, krokot dan lain-lain, direbus sejenak dapat membersihkan debu dan ulat kecil secara tuntas, lagi pula dapat mencegah terjadinya alergi. Selain itu, ada lagi sayuran hao ju, biqi atau tike dll sebelum dikonsumsi secara mentah terlebih dulu dikupas kulitnya, dicuci bersih, dan direndam dalam air mendidih, dengan demikian lebih terjamin kebersihannya, juga tidak akan mempengaruhi kelezatannya dan gizi yang terkandung didalamnya.

Sudah barang tentu, bukannya semua sayuran bisa dikonsumsi secara mentah, sayuran yang mengandung karbohidrat, misalnya kentang dan talas harus dimatangkan terlebih dulu sebelum dikonsumsi, jika tidak, butiran karbohidrat tidak bisa terurai dan tubuh tidak dapat mencernakannya, Misalnya, kacang kara mengandung dua macam unsur dasar, mengonsumsinya dalam keadaan kurang matang akan menyebabkan keracunan.

Memasak kacang kara perlu waktu yang agak lama, harus benar-benar matang benar dan berubah warna, baru aman untuk dimakan. Tauge sebaiknya dimasak sampai matang baru dikonsumsi, meskipun untuk hidangan dingin, juga harus dimatangkan dulu.

Sumber: epochtimes.co.id

0 Comments:

 

blogger templates | Make Money Online